rss

Senin, 28 September 2009

Hidden files di linux

Saya pernah ditanyakan oleh beberapa teman tentang cara menghidden files atau folder di linux, tapi saya saat itu saya belum bisa menjawabnya karna sayapun belum tau. Karena rasa penasaran yang semakin besar mendorong saya untuk browsing di internet..eh...akhirnya dapat juga...caranya sangat sederhana skali baik itu untuk menyembunyikan files maupun folder. Berikut cara untuk hidden folder :


1. Buka file browser/explorernya linux
2. Klik kanan > pilih "create folder" trus beri nama sembarang tapi didepannya diikuti titik, contoh : ".untitled folder" (tanpa tanda kutip).
3. Trus tekan ctrl+H
Sedikit berbeda kalo kita mau menghidden file, maksudnya atribut yang dipakai untuk menghidden yang berbeda, kalo mau menghidden file menggunakan atribut "~" (tanpa kutip) sama tata letak atributnya diletakkan dibelakang ekstensi tapi secara konsep sama yaitu apabila kita memakai tanda "." dan "~" pada folder atau file maka akan dibaca file temporary pada OS Linux, sedangkan file temporary selalu disembunyikan oleh OS Linux.
Berikut cara untuk hidden file
1. Buka file browser
2. Pilih file yang akan di hidden trus tambahkan tanda "~" (tanpa kutip) setelah ekstensi, contoh : "RC_Car_Magazine_2009-07_www.storemags.com.pdf~" (tanpa tanda kutip)
3. Tekan ctrl+H

Nah trus kalo mau mengembalikannya lagi sangat mudah yaitu dengan tekan ctrl+H lagi pada direktori folder atau file yang dihidden maka folder atau file yang tadinya tersembunyi akan muncul kembali.

thanx buat kang supris untuk untuk artikelnya.

7 komentar:

yantuar on 28 September 2009 pukul 10.42 mengatakan...

thanks kunjungannya..mantap sob infonya..

narti on 28 September 2009 pukul 18.47 mengatakan...

yang seperti ini wajib dipelajari nih...
thanks infonya ya.

Danu Akbar on 30 September 2009 pukul 07.28 mengatakan...

ncie article.!

Anonim mengatakan...

hi friend nice article plz keep in touch with me

Unknown on 5 Oktober 2009 pukul 09.31 mengatakan...

mantap... bisa di coba... nih...

Avanca Linux on 8 November 2009 pukul 02.04 mengatakan...

Nice artikel brotha...

Rahad Adjars on 13 Mei 2010 pukul 17.00 mengatakan...

waduh,kalo bahas soal linux angkat tangan deh..gak ngerti blas....


Posting Komentar

Koleksi Foto

Roy Tanck's Flickr Widget requires Flash Player 9 or better.

Get this widget at roytanck.com

Arsip Blog

 
The Ubuntu Counter Project - user number # 29037 Add to Google Reader or Homepage Subscribe in NewsGator Online Subscribe in Rojo Add to My AOL Add to netvibes Subscribe in Bloglines Add to The Free Dictionary Add to Plusmo Subscribe in NewsAlloy Add to Excite MIX Add to netomat Hub Add to fwicki Add to flurry Add to Webwag Add to Attensa Receive IM, Email or Mobile alerts when new content is published on this site. Add Informasi dan tips trik komputer to ODEO Subscribe in podnova Add to Pageflakes Powered by FeedBurner I heart FeedBurner
free counters